-->

Tips - Trik Memilih Wifi Router

WiFi Router. adalah sebuah alat jaringan komputer yang mengirimkan paket data melalui sebuah jaringan internet menuju tujuannya melalui proses yang bernama routing.. PC yang digunakan sebagai router ini membutuhkan sebuah software khusus, yaitu Mikrotik.

WiFi Router menjadi akses point antar pengguna agar memiliki grup jaringan, Disamping memang ISP yang menyediakan layanan internet. Penting untuk memilih router karean ini menunjang aktifitas internet di rumah/kantor/kampus/dll.

1. Antenna


Tips Memilih WiFi Router
Tips Memilih WiFi Router


Antenna dalam wifi router menjadi komponen yang berpngaruh untuk router memperluas jaringan frekuensinya pilih antenna router yang dapat stabil meskipun terhalang oleh dinding atau kaca. Beberapa router pasti terdapat internal antenna tetapi ini tidak sebaik router yang memiliki antenna eksternal.

2. USB Port


Tips Memilih WiFi Router
Tips Memilih WiFi Router

Router dengan port USB sangat memudahkan jika ingin memasang flash disk,hard disk, atau printer. Karena router terdapat fitur yang dapat mengatur beebrapa perangkat yang terkoneksi dengan wifi router. Disarankan untuk memilih router yang support dongle USB

3. Dual-Band


Tips Memilih WiFi Router
Tips Memilih WiFi Router

Router standar bekerja pada rentang frekuensi 2.4 GHz. Ini merupakan frekuensi yang router dapat bekerja dengan baik. Namun perangkat elektronik lain seperti microwave, harga handphone yang juga punya frekuensi berpotensi memicu gangguan dan sebaiknya dihindari.

Untuk menghindari adanya gangguan frekuensi kamu harus pintar mempertimbangkan memilih router dual-band yang memungkinkan koneksi pada pita frekuensi melebihi 5GHz. Pilih router yang mendukung frekuensi dual-band

4. Security


Tips Memilih WiFi Router
Tips Memilih WiFi Router

Ini adalah aspek yang pasti dipunyai oleh semua router seperti security WEP,WPA,dan WPA2. Dari semua jenis protokol keamanan, WPA2 dianggap yang terbaik dari sisi security network. WiFi security harus memperhatikan keamanan pengguna.

Jika kamu sekeluarga mau filter yang baik untuk anak pertimbangkan untuk mengaktifkan "Parental Control"

5. Kecepatan Router

Tips Memilih WiFi Router
Tips Memilih WiFi Router

Router memiliki kecepatan jaringan internet dalam rentang 300Mbps, 900Mbps, atau 1900 Mbps.Ini merupakan kecepatan yang bisa dicapai oleh rounter yang bisa menjadi kecepatan ideal yang dipunyai router.

Lagipula, kecepatan internet pada sistem ditentukan oleh ISP(Internet Service Provider) seperti bandwith kecepatan router. Kecepatan router dapat menunjang aktifitas seperti streaming film, musik, dan bermain game.
LihatTutupKomentar