-->

Satuan Ukuran Kecepatan Akses Internet

Kemarin saya bertanya kepada teman saya seorang lulusan teknik informatika dan ekonomi dengan pertanyaan yang sama mengenai ukuran kecepatan akses internet itu di tentukan oleh apa?, tentunya mereka memiliki sudut pandang yang berbeda. Namun ada satu hal yang menurut saya dapat kita sepakati bersama yaitu pengaruh bandwidth dari penyedia layanan jasa internet yang kita gunakan.
Satuan Ukuran Kecepatan Akses Internet
Kecepatan Akses Internet

Tahukah kamu di dunia iT kegiatan kita yang berselancar di dunia maya guna mencari sebuah informasi, pengetahuan, hiburan dan lainya, Secara tidak langsung telah terjadi kegiatan transfer data antara komputer dengan web browser.

Transfer data ini adalah interaksi antara komputer kita dengan server web browser dan biasanya berupah bit-bit tertentu dalam satu detik (bit per second) disimbolkan dengan bps atau bit/s. Jumlah besaran data bit yang di kirim ini tergantung dengan media yang di lewati.
Tabel Kecepatan Transfer Data
Kecepatan
Simbol
Keterangan
Aplikasi
1.000 bit/s
1 kbit/s atau 1 kbps
1 kilobit atau seribu bit per detik
Rata-rata kecepatan akses internet dial-up yang ada di Indonesia saat ini adalah 56 kbps
1.000.000 bit/s
1 Mbit/s atau 1 Mbps
1 Megabit atau sejuta bit per detik
Kecepatan transfer data melalui Wi-Fi (wireless) pada 2,4 GHz adalah 2 Mbps sedangkan kecepatan sebuah switch standar adalah 100 Mbps
1.000.000.000 bit/s
1 Gbit/s atau 2 Gbps
1 gigabit atau satu milyar bit per detik
Kecepatan akses internet sebuah switch dengan teknologi Gigabit adalah 1 Gbps
1.000.000.000.000 bit/s
1 Tbit/s atau 1 Tbps
satu triliun atau 1 terabit bit per detik
Tidak ada/Belum ada

Beberapa Istilah yang biasanya muncul ketika kita bicara tentang kecepatan transfer data yaitu upload, download, upstream, downstream dan usage, disini mari kita bahas artinya;

  • Upload, merupakan proses mengirim data, file, atau aplikasi dari komputer lokal ke internet (server).

  • Download, adalah tahapan menyalin file, data, atau aplikasi dari internet (server) ke komputer lokal yang melalui ke jaringan internet.

  • Upstream, merupakan kecepatan maksimum ketika kita sedang melakukan kegiatan mengirim data ke internet hingga 64 Kbps.

  • Downstream, merupakan kecepatan aliran data maksimum ketika kita sedang melakukan kegiatan download hingga 284/512 Kbps.

Sekian materi artikel kali ini, kurang dan lebihnya saya mohon maaf dan jika artikel ini bermanfaat boleh dishare terimakasih .
LihatTutupKomentar