-->

Pengertian Vlan Mode Access Link Dan Mode Trunk Link

Vlan merupakan teknologi lan yang mengelompokan komputer menjadi kelompok tertentu. fungsi dari vlan yaitu host yang berbeda vlan tidak akan terkoneksi walaupun dalam satu jaringan (network).

Kelebihan Vlan


  1. Pengelolaan jaringan menjadi lebih mudah
  2. Mengurangi beban broadcast dan multicast yang memperhambat jaringan.
  3. Mengurangi trafik yang tidak diperlukan pada jaringan dan meningkatkan performa, karena ada layer 2.
  4. Penghematan biaya 3rd party. Maksud dari 3rd party adalah misal kita punya jaringan besar atau harus manage tiap network tidak perlu beli double VLAN Switch Cukup 1 karena di mikrotik sudah ada management VLAN.
  5. Pengelolaan jaringan menjadi lebih mudah dan efisien dalam hal biaya perangkat.
  6. Cocok di implementasikan VLAN tersebut dijaringan sekolah/kampus.
  7. Security - mengurangi pelanggaran akses informasi, departemen yg memiliki data penting akan terpisah dengan departemen lain
  8. High performance - mengurangi broadcast yg tidak diperlukan.
  9. Efisien - user dengan kebutuhan yang sama akan berbagi VLAN yang sama pula dan lagi mudah maintenancenya, karena user dikelompokkan dalam masing - masing VLAN, misal user HR mengunakan vlan10, user Finance vlan 20, dsb

kekurangan Vlan


  1. User tidak bisa berpindah - pindah VLAN.
  2. Luas cakupan sempit
  3. Rentan terkena virus jika salah satu PC yang terhubung terinfeksi.
  4. Kecepatam modem lemot apalagi jika PC semakin banyak.

Setelah melihat kelebihan dan kekurangannya, Vlan juga dibagi menjadi 2 mode yaitu Mode Access Link dan Mode Trunk Link.

Mode Access Link

Vlan Mode Access Link
Vlan Mode Access Link


     Mode access link pada vlan ( virtual Local area network ) adalah port yang dikonfigurasi hanya untuk satu vlan pada switch tersebut, inti dari mode access link yaitu satu port yang bisa terdaftar di satu vlan dan tidak bisa didaftarkan lebih dari satu vlan. mode ini biasanya hanya di set di port switch yang terhubung ke endpoint seperti PC, Server, dan endpoint yang lainnya. anggota suatu vlan tidak bisa berkomunikasi dengan anggota vlan yang lain, kecuali jika dihubungkan dengan router.mode access link mendukung teknologi ethernet biasa (10 mbps) hingga fast ethernet (100 mbps). mode access link sering disebut dengan untagged vlan.

Mode Trunk Link

Vlan Mode Trunk Link
Vlan Mode Trunk Link

     Mode trunk link pada vlan (virtual Local Area Network) adalah port yang dikonfigurasi untuk dilalui berbagai vlan. port switch pada mode trunk link bisa untuk membawa banyak vlan. port mode ini akan menjadi trunk link jika port pada switch lawan di set ke mode trunk atau Dynamic trunking protocol. mode ini biasa digunakan untuk menghubungkan switch dengan switch, switch dengan router atau switch dengan server. mode trunk link mendukung teknologi fast ethernet (100Mbps) dan gigabit(1000Mbps),  mode trunk link sering disebut dengan tagged vlan.

     Sekian materi tentang vlan mode access link dan mode trunk link kurang lebihnya saya mohon maaf, jika artikel ini bermanfaat boleh dishare .. 
LihatTutupKomentar