-->

Mengapa ingin masuk jurusan teknik informatika ?

Universitas Gunadarma

 Tujuan

     Tujuan penulisan ini adalah mengkaji keterampilan-keterampilan soft yang diperlukan mahasiswa untuk mendukung kompetensi professional. Keterampilan lunak (soft skills) merupakan bagian dari kompetensi kepribadian yang sudah ditetapkan undang –undang menjadi salah satu kompetensi yang harus dimiliki oleh mahasiswa. Soft skills merupakan kompetensi yang abstrak sehingga hanya dapat diukur melalui pengamatan. Ada berbagai macam soft skill yang dapat diidentifikasi sesuai dengan tuntutan bidang keahlian/pekerjaan. Keterampilan soft yang berhubungan dengan karakteristik kepribadian antara lain: dapat menghormati orang lain, memiliki motivasi yang tinggi, disiplin, percaya diri, pengendalian diri, rasa tanggung jawab, mampu memutus stes, mengambil keputusan yang efektif, melatih inisiatif, dan mudah beradaptasi dengan lingkungan budaya yang berlainan. Mahasiswa  yang ingin sukses, selain dituntut memiliki kemampuan untuk mengikuti perubahan teknologi dan ndustry mereka juga harus memiliki motivasi kerja tinggi, pantang menyerah dalam mengahadapi kesulitan.

Latar Belakang

    sebagai mahasiswa yang baik ,kita dituntut untuk mengembangkan softskill. tidak hanya untuk nilai tugas atau apapun itu yang berkaitan dengan mata kuliah. tetapi sangat jauh di dalam pemikiran kita softkill itu sangat penting untuk mengasah kemampuan kita didalam dunia kerja sofkill sangat dibutuhkan.

Permasalahan

1.      Mengapa ingin masuk jurusan teknik informatika ?

Pembahasan

  Mengapa saya memilih jurusan teknik informatika, karena pada waktu SMP saya masuk SMK memilih jurusan teknik komputer dan jaringan. Mungkin pada waktu SMP saya tidak tahu apa yang di pelajari dengan jurusan yang saya pilih, namun setelah di pelajari di SMK Alhamdulillah dalam 3 tahun saya bisa mempelajarinya. Setelah lulus dari SMK saya pun bingung  kuliah atau kerja pada awalnya saya ingin memilih kerja mungkin orang tua saya tidak mengijinkan saya untuk bekerja.

Kemudian setelah saya fikir-fikir lagi saya memilih kuliah. Pada saat saya sudah menjawab keputusan itu saya pun bingung untuk memilih jurusan, apakah saya memilih sesuai dengan jurusan saya yang di SMK atau mau pindah ke jurusan lain ?, setelah berfikir dua kali saya memutuskan untuk memilih jurusan teknik informatika, pada waktu itu saya mengikuti PTN dulu ternyata saya tidak lulus mungkin itu bukan rizki saya, kemudian saya menemukan Universitas Gunadarma dan kebetulan disitu ada jurusan teknik informatika setelah itu saya cepat-cepat mendaftar.

Setelah saya diterima di Universitas Gunadarma saya pun bingung apa yang akan di pelajari di jurusan teknik informatika ini, saya berfikir mungkin jurusan teknik informatika ini sama dengan pelajaran yang saya pelajari di SMK, Ternyata sedikit  nyambung dengan pelajaran di SMK tapi ada sedikit pelajaran baru yang belum saya pelajari di SMK mungkin dasarnya tahu soalnya saya pernah mempelajari tapi tidak sampai mendalaminnya. Mungkin di jurusan ini saya bisa memdalami pelajaran yang saya belum tahu dan bisa mengasah pelajaran yang di pelajari di perkuliahan ini serta mendapatkan ilmu baru.

Kesimpulan

  Makalah ini dibuat untuk menjabarkan alasan saya masuk Jurusan Teknik Informatika. Menurut saya jurusan Teknik Informatika itu jurusan yang paling mudah di pelajari karena pelajarannya memakai logika sehari-hari. Dan bukan Cuma itu saja jurusan teknik informatika  juga banyak dicari di perusahaan dan kantor yang membutuhkan orang-orang teknik informatika.
LihatTutupKomentar