-->

Masalah Kemiskinan Di Dunia

Universitas Gunadarma

Pendahuluan

Latar Belakang

   Kemiskinan merupakan hal yang tidak asing lagi bagi kita karena menyangkut berbagai macam aspek seperti hak untuk terpenuhinya pangan, kesehatan, pendidikan, pekerjaan, dan sebagainya. saat ini, dunia didera kemiskinan yang menyebar luas di sebagian besar negeri, jika tidak dikatakan seluruhnya, meski berbeda-beda tingkatan dan jumlah orang miskinnya. hampir-hampir tidak ada satu negara pun yang terbebas dari masalah kemiskinan pada masa sekarang ini, termasuk negara-negara kaya dan maju di bidang sains dan industri. kemiskinan merupakan masalah umum dan telah jadi bencana. meski dunia menyaksikan kemajuan material, terlihat pula adanya peningkatan pengangguran secara nyata. sebagian orang mengaitkan kemiskinan kepada madaniyah dan menetapkan adanya hubungan negatif antara kemajuan madaniyah dan kemiskinan, dimana setiap kali madaniyah bertambah maju maka setiap kali pula kemiskinan meningkat.

Perumusan Masalah

Berdasarkan latar belakang masalah tersebut di atas, maka rumusan masalahnya adalah :

1.Bagaimana kondisi kemiskinan di dunia ?

2.Faktor apa yang menyebabkan kemiskinan di dunia?

3.Bagaimana cara menanggulangi masalah kemiskinan di dunia?

Pembahasan

   Kemiskinan adalah keadaan di mana terjadi ketidakmampuan untuk memenuhi kebutuhan dasar seperti makanan, pakaian, tempat berlindung, pendidikan, dan kesehatan. Kemiskinan dapat disebabkan oleh kelangkaan alat pemenuh kebutuhan dasar, ataupun sulitnya akses terhadap pendidikan dan pekerjaan. Kemiskinan merupakan masalah global. Sebagian orang memahami istilah ini secara subyektif dan komparatif, sementara yang lainnya melihatnya dari segi moral dan evaluatif, dan yang lainnya lagi memahaminya dari sudut ilmiah yang telah mapan. Kemiskinan menimbulkan munculnya masalah-masalah lain seperti urbanisasi, pencurian, penyakit, kebodohan, bunuh diri, pembunuhan, gelandangan dan pengemis, penyerangan terhadap harta pribadi dan harta umum. Juga makin maraknya suap, bertambahnya angka kriminalitas dan pengangguran, munculnya kelompok-kelompok bersenjata dan bentuk-bentuk penyimpangan lainnya. Semua itu merupakan bencana sosial yang berbahaya. Dunia masih terus bertanya-tanya tentang sebab-sebab masalah itu. Di sana terdapat program-program sosial dan lembaga-lembaga sosial, organisasi-organisasi internasional, pribadi-pribadi yang suka rela membayar zakat, memberi sedekah dan sumbangan. Juga ada negara-negara besar dan kaya yang membantu negara-negara lainnya. Di sana juga ada kesetiakawanan sosial, khususnya di negeri-negeri kaum muslim. Namun semua upaya itu meski berpengaruh secara relatif kepada masalah kemiskinan yang parah itu, namun tetap tidak mampu menyelamatkan dunia dan isinya dari kemiskinan yang menghimpit. Juga tidak bisa menghentikan pertambahan jumlah orang miskin di dunia, baik di negara kaya atau di negara miskin, baik di negara besar atau pun di negara kecil. Semua negara sama-sama terjatuh dalam masalah kemiskinan.

Kemiskinan Mutlak

    Kemiskinan yang disebabkan karena tingkat pendapatan yang tidak dapat mencukupi kebutuhan hidup.

Kemiskinan  Relatif

    Kemiskinan yang lebih banyak ditentukan oleh keadaan lingkungan sekitarnya.

Kemiskinan Struktural

   Kemiskinan yang disebabkan karena ketimpangan dalam struktur ekonomi suatu negara atau struktur pendistribusian fasilitas yang membuat suatu daerah penduduknya menjadi miskin.

Kemiskinan Sosial Budaya

    Kemiskinan yang dikaitkan dengan nilai-nilai sosial budaya masyarakat, atau lebih singkatnya kondisi sosial budaya yang memaksa masyarakat di daerah itu menjadi miskin.

Penyebab utama kemiskinan di dunia :

1. Sistem ekonomi yang salah, seperti inflasi dan deflasi
2. Jumlah uang sangat sedikit dibandingkan dengan jumlah manusia
3. kurangnya lapangan pekerjaan

Hal inilah yg menjadi masalah yang sangat dasar, kita perlu memperbaiki sistem ekonomi kita agar semua orang bahagia, jangan sebagian kecil bahagia di atas milyaran manusia lainnya.

Penutup           

Kesimpulan

    dari pembahasan diatas dapat kita simpulkan bahwa kemiskinan salah satu masalah yang tidak bisa di selesaikan karena kurangnya lapangan pekerjaan mengakibatkan banyaknya pengangguran. bukan cuma itu saja di sisi lain adalah melemahnya ekonomi negara yang menyebabkan bertambahnya angka kemiskinan di dunia.

 Saran

  
saran dari penulis ini mungkin pemerintah harus memperhatikan ekonomi negara karena ekonomi negara faktor utama bertambanya angka kemiskinan bagi negara
LihatTutupKomentar