-->

Jenis Konektor Kabel Jaringan Komputer

Konektor pada jaringan komputer berfungsi untuk penghubung antara perangkat satu dengan perangkat lainnya. Konektor yang digunakan pada kabel berbeda-beda.Untuk lebih jelasnya kita simak penjelasan berikut.

Konektor pada jaringan komputer memiliki beberapa macam konektor yaitu :

  • Konektor BNC (Bayonet Neil Concelman)

Connector BNC RG59 (Radio Guide) adalah Konektor yang digunakan kabel coaxial sebagai penghubung antara kabel dengan perangkat CCTV baik monitor, DVR, maupun Camera. Connector ini khusus dipergunakan untuk kabel CCTV. Konektor ini merupakan terminasi yang dianjurkan oleh para ahli dan banyak dipakai oleh pemilik rumah / bangunan dalam instalasi CCTVnya.

BNC RG59 (Radio Guide)
BNC RG59 (Radio Guide)

Konektor BNC RG6 (Radio Guide) adalah Konektor yang digunakan sebagai penghubung antara kabel dengan perangkat CCTV baik monitor, DVR, maupun Camera. Connector ini khusus dipergunakan untuk kabel CCTV. Konektor ini merupakan terminasi yang dianjurkan oleh para ahli dan banyak dipakai oleh pemilik rumah / bangunan dalam instalasi CCTVnya.

BNC RG6 (Radio Guide)
BNC RG6 (Radio Guide)
Konektor BNC to BNC adalah Konektor yang digunakan untuk merubah BNC menjadi RCA yang akan dihubungkan ke Monitor atau ke TV. Konektor ini merupakan terminasi yang dianjurkan oleh para ahli dan banyak dipakai oleh pemilik rumah / bangunan dalam instalasi CCTVnya.
Bayonet Neil Concelman
BNC to BNC (Bayonet Neil Concelman)


  • Konektor RJ (Register Jack)

Konektor RJ 11 adalah konektor yang dipergunakan dalam jaringan telepon. Konektor ini biasanya disandingkan dengan kabel STP.
Register Jack 11
RJ11 (Register Jack 11)

Konektor RJ45 adalah konektor yang biasa dipergunakan dalam instalasi jaringan kecil (LAN) dimana kabel yang digunakan adalah kabel twisted pair tipe UTP. Konektor ini berfungsi untuk menghubungkan kabel UTP dengan NIC yang mana kini port yang dipergunakan kebanyakan adalah port RJ45.Harga konektor yang terjangkau, dan pemasangan yang mudah membuat konektor ini populer5 di kalangan pengguna jaringan berskala kecil atau LAN.
Register Jack 45
RJ45 (Register Jack 45)

  • Konektor SC (Subsciber Connector)

Konektor SC adalah jenis konektor yang digunakan untuk jenis kabel single mode dengan akurasi yang baik untuk menghubungkan kabel dengan transmitter maupun receiver.
Subcriber Connector
Subcriber Connector

  • Konektor ST (Straight Tip)

Konektor ST adalah jenis konektor yang digunakan dalam jenis kabel single mode dan bisa dilepas pasang.Konektor ST,bentuknya persegi dan lebih mudah dihubungkan ke area yang ditentukan.
Straight Tip
Straight Tip

sekian tentang jenis - jenis konektor pada jaringan komputer, semoga bermanfaat kurang lebihnya saya mohon maaf ..
jika ada tambahan atau pertanya bisa komentar dibawah ini terimakasih ..

#jaringankomputer #teknikkomputerjaringan #tkj
LihatTutupKomentar