-->

Ekonomi Web

Nama    : Ridwan
NPM     : 55415936
Kelas     : 2ia16

  • Iklan

iklan adalah hal yang wajar untuk kita ketahui, karena seiring berkembangnya jaman semakin maju kita banyak sekali melihat berbagai macam ragam bentuk dan model iklan, sehingga jangan sampai kita hanya melihat saja tanpa mengetahui pengertian dari iklan itu sendiri.

Pengertian iklan adalah kegiatan memberitahukan atau menginformasikan suatu hal, barang, atau jasa melalui media massa baik online maupun ofline. Media yang digunakan, antara lain televisi, radio, koran, majalah, internet, hp, poster, pamflet, brosur, spanduk dan sebagainya.

Ciri- Ciri Iklan

Agar dapat menarik perhatian khalayak, iklan memiliki ciri- ciri bahasa sebagai berikut :
  1. Pilihan kata yang digunakan menarik,tepat,logis, dan sopan.
  2. Pilihan kata yang digunakan memiliki sugesti bagi khalayak.
  3. Pilihan kata yang digunakan menonjolakan informasi yang dipentingkan
  4. Pilihan kata yang digunakan menunjukan sasaran

Syarat- Syarat Iklan

Agar dapat dikatakan sebagai iklan yang baik, iklan memiliki syarat- syarat sebagai berikut :
  1. Objektif dan jujur
  2. Jelas dan mudah dipahami
  3. Tidak menyinggung pihak lain
  4. Menarik perhatian orang banyak
  5. Jenis- Jenis Iklan
Iklan dapat dibedakan berdasarkan beberapa hal, dalam pembelajaran ini disajikan jenis iklan berdasarkan media yang digunakan dan tujuan iklan. Berdasarkan jenis media yang digunakan, iklan dapat digolongkan sebagai berikut :

Iklan Cetak

Iklan cetak adalah jenis iklan yang dipublikasikan menggunakan media cetak seperti Koran, majalah, tabloid, dan lain- lain. berdasarkan ruang yang digunakan dalam media surat kabar, majalah,tabloid, iklan dikenal dalam 3 bentuk yaitu :
  • Iklan Baris
Iklan baris adalah iklan yang hanya dibuat dalam beberapa baris, umumnya terdiri atas 3-4 baris dengan luas tidak lebih dari satu kolom. Biayanya reletif lebih murah, dihitung perbaris. Untuk menghemat biaya dan semua informasi dapat tersampaikan, bahasa yang digunakan dalam iklan ini umumya disingkat, penuh makna, dan sederhana. Hal yang di iklankan dalam iklan baris biasanya iklan lowongan pekerjaan, barang dan jasa dll.
  • Iklan Kolom
Iklan kolom adalah iklan yang dibuat dalam bentuk kolom. Iklan ini lebih tinggi dari pada iklan baris. Terkadang iklan ini juga dilengkapi dengan gambar, simbol, atau lambang yang mendukung isi iklan. Hal yang di iklan kan berupa iklan barang dan jasa, loker dan lain- lain.
  • Iklan Advertorial
Iklan advertorial adalah jenis iklan yang dikemas seperti berita.
  • Iklan Display
Dilihat dari bentuk, iklan display lebih besar dari pada iklan kolom. Dalam iklan ini, ditampilkan gambar dan tulisan yang lebih besar.
  • Iklan elektronik
Iklan elektronik adalah iklan yang dipublikasikan dalam media elektronik. Iklan elektronik dapat digolongkan menjadi:
  • Iklan Radio
Iklan radio adalah iklan yang dipublikasikan melalui radio berupa kombinasi dari bunyi kata- kata (voice) dan efek suara (sound effect) dan iklan ini hanya di dengar.
  • Iklan televisi
Iklan televisi adalah iklan yang dipublikasikan melalui televisi berupa kombinasi dari suara, gambar, dan juga gerak. Iklan ini dapat dilihat dan juga bisa didengar.
  • Iklan internet
Iklan internet adalah iklan yang dipublikasikan melalui internet beragam. Ada yang didengar, dan juga ada pula yang di dengar.

Selain dibedakan berdasarkan jenis media yang digunakan , iklan juga bisa dibedakan berdasarkan tujuannya. Berdasarkan tujuannya, iklan dapat digolongkan menjadi :
  1. Iklan Komersial Iklan yang bertujuan untuk memasarkan barang dan jasa. Iklan ini dapat dibedakan menjadi dua macam, yaitu iklan taktis dan iklan strategis.
  2. Iklan taktis Iklan takstis adalah iklan yang bertujuan mendesak konsumen untuk segera membeli.
  3. Iklan strategis Iklan strategis adalah iklan yang membangun merk dagang.
  • Iklan Perusahaan
Iklan perusahaan adalah iklan yang bertujuan untuk membangun citra perusahaan yang berujung pada membangun citra produk atau jasa yang diproduksi oleh perusahaan teersebut agar dibeli.

  • Iklan Layanan Masyarakat
Iklan layanan masyarakat adalah iklan yang bertujuan untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat dengan mangajak atau menghimbau untuk tidak atau melakukan sesuatu.
  • Auctioning dalam Pencarian dan Online auctions

Action berasal dari bahasa inggris yang berarti lelang, pelelangan, melelang.

Auction (lelang) adalah mekanisme pasar dimana penjual menawarkan produk dan pembeli melakukan penawaran secara berurutan secara kompetitif hingga harga terakhir dicapai. Lelang bisa dilakuan secara online, offline, maupun pada situs pribadi. Di dalam online auction menerapkan konsep dynamic pricing, yaitu harga yang berubah berdasarkan pada hubungan penawaran dan permintaan pada waktu tertentu.

Ada empat kategori utama dynamic pricing yaitu:
  1. Satu pembeli, satu penjual
  2. Satu penjual, banyak pembeli potensial
  3. Satu pembeli, banyak penjual potensial
  4. Banyak penjual, banyak pembeli
Setelah memberikan pengertian serta kategori utama dari dynamic pricing, Sufi juga memberikan manfaat dari online auction.

Manfaat dari Online Auction dibagi jadi 3 bagian, yaitu :
  • Manfaat bagi penjual :
  1. Meningkatkan pendapatan dengan memperluas pasar dan mempersingkat waktu
  2. Menetapkan harga optimal yang ditentukan oleh pasar
  3. Meningkatkan hubungan dan loyalitas pelanggan
  • Manfaat bagi pembeli :
  1. Kesempatan untuk menemukan barang unik
  2. Hiburan bagi pembeli
  3. Pembeli bisar menawar dari manapun, bahkan dengan telepon selular
  • Manfaat bagi Auctioner :
  1. Pembelian yang lebih tinggi.
  2. Pembeli cenderung untuk berkunjung lebih lama dan kembali lebih sering.
  3. Ekspansi bisnis lelang.

Setelah memberikan manfaat bagi online auction, dia juga memberikan batasan-batasannya.

Adapun batasan dalam Online Auction adalah :
  1. Kurangnya keamanan
  2. Kemungkinan adanya kecurangan
  3. Serta terbatasnya partisipan.

Daftar Pustaka

  • http://www.lebahmaster.com/pengertian-iklan/
  • https://candracindy.wordpress.com/2011/06/11/auction-online/
  • http://renniwidyastutip.blogspot.co.id/2015/06/tugas-softskill-pengantar-web-science.html
  • http://ekanurseptini.blogspot.co.id/2013/02/konsep-sistem-informasi-e-auction.html
LihatTutupKomentar