-->

Distro Linux Ubuntu

Ubuntu adalah sistem operasi lengkap berbasis Linux, tersedia secara bebas dan mempunyai dukungan baik yang berasal dari komunitas maupun tenaga ahli profesional.

Ubuntu pertama kali dirilis pada 20 Oktober 2004. Ubuntu adalah salah satu proyek andalan Debian. Sasaran awal Ubuntu adalah menciptakan sistem operasi. desktop Linux yang mudah dipakai. Ubuntu dijadwalkan dirilis setiap 6 bulan sehingga sistem Ubuntu dapat terus diperbarui.Setiap rilis didukung selama 18 bulan untuk pembaruan sistem, keamanan, dan kesalahan (bug). Setiap 2 tahun sekali (versi xx.04 dengan x angka genap) akan mendapatkan Long Term Support (LTS) selama 3 tahun untuk desktop dan 5 tahun untuk edisi server.

Ubuntu sekarang dibiayai oleh Canonocal Ltd. Pada 8 Juli 2005 Mark Shuttleworth mendirikan pendirian Ubuntu Foundation dan memberikan pendanaan awal sebesar US$10 juta. Tujuan dari pendirian yayasan ini adalah untuk memastikan pengembangan dan dukungan semua versi Ubuntu dapat terus berjalan.

Nama Ubuntu diambil dari nama sebuah konsep ideologi di Afrika Selatan. “Ubuntu” berasal dari bahasa kuno Afrika, yang berarti “rasa perikemanusian terhadap sesama manusia”. Ubuntu juga bisa berarti “aku adalah aku karena keberadaan kita semua”. Tujuan dari distribusi Linux Ubuntu adalah membawa semangat yang terkandung di dalam Ubuntu ke dalam dunia perangkat lunak

Pada 31 Oktober 2011, Mark Shuttleworth mengumumkan bahwa Ubuntu 14.04 akan mendukung smartphone, tablet, dan smart TV. Dan desain-desainnya pun sudah mulai dirancang.

Linux Ubuntu merupakan Sistem Operasi Open Source.

Linux Ubuntu digunakan pada perangkat PC dan termasuk jenis Sistem Operasi Jaringan (SOJ).

Kelebihan Ubuntu

  • Open Source, sehingga pengguna dapat memodifikasi sesuai dengan keinginan
  • Multi bahasa, banyak bahasa yang tersedia untuk pilihan
  • Multi tasking dan multi USer
  • Banyak dukungan dari komunitas
  • Security yang lebih kuat dari pada Windows

Kekurangan Ubuntu

  • Belum ada game besar yang bisa berjalan pada Ubuntu
  • Tampilan grafis yang kurang menarik
  • Beberapa hardware sulit menyediakan driver untuk Ubuntu
LihatTutupKomentar