-->

Pemanfaatan Teknologi Internet

Universitas Gunadarma

New Media

apa itu new media ?

New media atau media online didefinisikan sebagai produk dari komunikasi yang termediasi teknologi yang terdapat bersama dengan komputer digital.
New media juga didefinisikan secara eksklusif merujuk pada teknologi komputer  yang menekankan bentuk dan konteks budaya yang mana teknologi digunakan, seperti dalam seni, film perdagangan, sains dari semua yang bersifat manual menjadi otomatis dan dari semua yang bersifat rumit menjadi ringkas. karena media ini adalah sesuatu yang terus selalu berkembang dari media zaman dahulu ( old media ) sampai sekarang yang sudah menggunakan digital ( modern media/new media ).
digital adalah sebuah metode yang complex dan fleksibel yang membuatnya menjadi sesuatu yang pokok dalam kehidupan manusia.
Perkembangan media baru sebenarnya merujuk kepada sebuah perubahan dalam proses produksi media, distribusi dan penggunaan. Media baru tidak terlepas dari key term seperti digitality, interactivity, hypertextuality, dispersal dan virtuality.

Manfaat New Media

Manfaat dari new media memiliki kecepatan untuk melakukan sebuah interaksi, lebih efesien, lebih murah, lebih cepat untuk mendapatkan sebuah informasi terbaru dan terupdate informasinya. manfaat new media juga dapat dirasakan dalam bidang-bidang tertentu seperti bidang dibawah ini :

Bidang Pendidikan

Dalam bidang ini, tentunya mandaat new media sangat besar, dan di rasakan sekali oleh para pelajar atau mahasiswa. Para pelajar atau mahasiswa seperti saya ini, bisa mencari bahan-bahan materi yang di perlukan oleh mereka, jadi kita dapat mengurangi biaya dalam membeli buku, karena kita bisa mengunduh/download suatu filenuua bisa kita simpan dalam direktori yang ada dalam laptop ataupun smartphone, jadi lebih simple dan praktis, tinggal membawa laptop atau smartphone kita jika diperlukan tanpa harus keberatan membawa buku yang banyak.

Bidang Kesehatan

Dalam bidang ini, banyak sekali manfaat yang di rasakan langsung oleh orang yang mencari sesuatu bahan alami untuk menjaga kesehatan. Biasanya orang mengakses website tentang obat-obatan yang dibuat secara tradisional.

Bidang Pencarian Kerja

Dalam bidang ini juga tentunya sangat berguna untuk orang-orang yang ingin mencari pekerjaan. karena lewat new media orang bisa mengetahui lowongan pekerjaan, tanpa harus membeli koran atau kelilling ke tempat perusahaan. cukup melihat website dari instansi itu. melalui new media juga para pelamar kerja bisa mendaftar secara online.

Bidang Jual Beli

Bidang ini juga adalah bidang yang banyak di akses orang-orang, manfaatnya dapat dirasakan pembeli cukup melihat gambar/foto barang yang dijual secara online lalu melihat kode barang dan membuat pesan di website tersebut yang isinya adalah nama, no rek, kode barang yang di pesan dan kode pos. jadi tidak perlu datang ke store-store yang menjual barang tersebut. transaksi pembayaran dapat menggunakan ATM, ebanking dan lain lain. Lalu manfaat yang dapat di rasakan oleh penjual adalah dia dapat menjual barang ke manapun. Dan pengiriman barang pun dapat menggunakan jasa pengiriman barang seperti JNE, Kantor Pos dan lain-lain.

Bidang Sosial

bidang yang sekarang paling banyak di akses oleh orang-orang, karena banyak sekali website yang bisa kita akses untuk melakukan kegiatan sosial, salah satunya Facebook, Twitter, Googleplus dan yahoo messangger. website tersebut kita dapat bersilaturahmi pada anak, saudara yang ada di manapun, di website kita juga dapat mengirim foto, video dan lain-lain.

Komponen New Media

Ada juga beberapa komponen pada new media Seperti dibawah ini :

Pembuat

Merupakan orang yang membuat wadah atau sarana new media itu sendiri, komponen ini berperan sebagai pencipta atau pembentuk new media.

Penyalur

Adalah sebuah pelantara untuk menghantarkan media atau disebut media yang berfungsi menghantarkan pemakai untuk memakai sarana itu sendiri.

Pemakai

Adalah orang yang berperan sebagai konsumen sebuah sarana media atau new media yang berfungsi untuk memakai new media.

ada juga komponen lain yang berkaitan dengan new media yaitu :
  • handphone/smartphone
  • Komputer
  • internet

Aplikasi New Media

Jejaring Sosial

Contoh aplikasi new media dalam jejaring sosial yaitu facebook, twitter, googleplus, yahoo messenger dan lain-lain. aplikasi ini sangat mudah digunakan oleh masyarakat, dan banyak fasilitas yang bisa digunakan sperti update status, chatting, upload foto, video dan fasilitas lain yang disediakan oleh jejaring sosial itu sendiri. kelebihannya new media seperti ini adalah biaya murah, cepat dan murah.

Online Shop

Produk-produk sekarang dengan mudah bisa dipromosikan di online shop yang sudah banyak tersebar didunia maya. masyarakat dapat membuat online shop yang dapat dimanfaatkan di dunia maya.

Informasi/pendidikan

untuk mencari segala informasi maupun berita yang terkini, dengan adanya new media yaitu bisa menggunakan aplikasi new media seperti wikipedia, google, televisi analog ataupun website lainnya.

beberapa contoh aplikasi didalam internet yang mengembangkan new media, yaitu :
  • Google, Altavista, Yahoo dan website sejenisnya yang merupakan aplikasi pencarian sejumlah kata yang terdapat didalam website untuk mencari berita.
  • BBC, Detik, Okezone dan berbagai website sejenisnya yang dibuat untuk memberikan berita secara cepat sebagai pengganti koran/majalah.
  • Youtube, seleb.tv, metacafe dan website sejenisnya yang menyediakan layanan membagikan video atau menampilkannya sebagai sarana hiburan dan berita secara audio visual.
  • Twitter, Facebook, Friendster dan website sejenisnya yang menyediakan layanan mini blog dan social network sebagai sarana komunikasi langsung yang sengaja dibagikan kepata publik.
  • BSE, e-dukasi.net, ilmukomputer,com yang menyediakan layanan pendidikan secara online berupa pembahasan-pembahasan materi pendidikan dan ada yang menyediakan buku elektronik (e-book).

Mungkin itu yang dapat saya rangkum dari beberapa sumber di internet. bila ada kata atau kalimat yang kurang di mengerti sekali lagi saya mohon maaf.
LihatTutupKomentar